Tingkatkan Layanan Masyarakat
Pemko Padang Matangkan Persiapan Mal Layanan Publik

Padang I sigapnews.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus
melakukan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Sebentar lagi,
masyarakat akan lebih terlayani melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). Dan
di MPP ini akan terintegrasi sejumlah bentuk pelayanan.
Untuk itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
(DPMPTSP) Kota Padang sebagai OPD yang bertanggungjawab, terus
mematangkan persiapan peluncuran MPP. Direncanakan, pada April mendatang
tempat sementara untuk MPP beroperasional sudah dapat ditentukan.
“Penandatanganan komitmen kesiapan penyelenggaraan MPP sudah
dilakukan Pemko Padang pada 7 Februari 2018 dengan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta,â€ujar Kepala DPMPTSP
Kota Padang Rudy Rinaldy.
MPP merupakan sentral pelayanan kepada masyarakat. Di MPP ini akan
terintegrasi sejumlah bentuk pelayanan. Seperti pengurusan SIUPP,
bantuan hukum, pelayanan pengurusan SKCK, dan sebagainya.
Dikatakan Rudy, akan ada sekitar 78 izin dan 6 nonperizin yang bisa
dilakukan di MPP. Selain itu, di MPP juga bekerjasama dengan 12 instansi
seperti BPJS, Samsat, BPN, dan Imigrasi.
Lanjut Rudy, tahapan yang telah dilakukan DPMPTSP dalam persiapan MPP
itu yakni sosialisasi dan rapat internal dengan OPD Pemko yang
mengelola perizinan, serta instansi vertikal terkait. Kemudian, telah
ditemukan beberapa lokasi yang representatif untuk MPP sementara waktu.
“Tempat yang sudah disurvei seperti di Pasar Raya Blok III, Plaza
Andalas lantai IV, dan beberapa gedung BUMN. Mudah-mudahan April kita
sudah bisa menentukan tempat sementara untuk MPP ini,â€jelasnya.
Menurutnya, segala persiapan yang dilakukan untuk meresmikan MPP
masih dalam jalur yang tepat (on the track). Peresmian MPP akan
dilakukan pada akhir November 2018. “April hingga Juli akan dilakukan
penataan ruangan MPP tersebut,â€tutur Rudy. (*)
Editor :Tim Sigapnews