Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, adanya revitalisasi embarkasi haji
ini merupakan langkah yang terbaik dalam memberikan layanan kepada
jemaah. Apalagi Sumbar menjadi salah satu embarkasi keberangkatan jemaah
calon haji. Sehingga jemaah calon haji tidak hanya berasal dari Sumbar,
tetapi juga ada dari Provinsi Bengkulu.
“Adanya embarkasi Sumbar tentunya dapat mengangkat nama baik Sumbar
tetapi juga berdampak kepada pergerakan ekonomi Sumbar. Untuk itu,
kondisi asrama haji tentunya lebih baik lagi kondisinya,†kata Irwan
saat mendampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan
Umroh Kemenag Nizar Ali peresmian gedung revitalisasi asrama haji Tabing
Padang, Rabu (6/3).
Irwan juga mengapresiasi Embarkasi Haji Padang meraih peringkat
pertama untuk pelayanan haji secara nasional. Menurutnya, dengan adanya
penghargaan akan mampu terus meningkatkan pelayanan dari waktu ke waktu.
“Jika dari sisi pelayanan telah dinilai terbaik, maka berbagai halnya
akan bisa mengikut dan mendapat perhatian yang lebih pula hendaknya,â€
harapnya.
Sementara itu Kepala UPT Embarkasi Haji Padang Ali Amran
mengungkapkan, ada empat paket kelanjutan revitalisasi yang telah
selesaikan dikerjakan. Pertama, gedung yang juga telah dimanfaatkan oleh
jemaah haji, kedua pagar, dapur umum, dan selanjutnya pembangunan
masjid.
“Saat ini yang dibutuhkan adanya anggaran yang bisa menyelesaikan
pembangunan masjid yang ada di lingkungan Asrama Haji Padang,†sebutnya.
Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar
Ali mengatakan, untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi jemaah haji
dan umroh, pihaknya melakukan revitalisasi seluruh asrama haji di
seluruh Indonesia, termasuk yang ada di Padang, Sumatera Barat.
“Setelah dilakukan revitalisasi terhadap seluruh asrama haji
diharapkan akan meningkatkan dari segi manajemennya. Jika manajemen
bagus maka akan terlihat dari pelayanan kepada publik yang diberikan,â€
ujar Nizar.
Menurutnya, ada berapa langkah pada tahun 2018 ini Kementerian Agama
dalam memberikan pelayanan optimal bagi jemaah. Yaitu, pelayanan dalam
negeri dan luar negeri. Pelayanan dalam negeri itu salah satunya dengan
pelayanan di asrama haji. Baik dari manasik haji, keberangkatan ke tanah
suci hingga pemulangan jemaah kembali ke asrama.
“Gedung Asrama Haji Padang ini fasilitasnya setara dengan hotel
berbintang empat. Hal ini perlu kita lakukan, untuk memberikan
kenyamanan bagi calon jemaah haji,†jelasnya.
Disebutkan, fasilitas yang tersedia dimana di dalam ruang tempat
tidur terdapat pendingin ruangan, televisi dan lemari dengan suasananya
terasa nyaman. Selain dari nilai religius dan modern asrama haji Tabing
Padang, juga ada nilai lokal yang terdapat di bangunannya yakni bangunan
khas daerah masing-masing.
Adapun layanan luar negeri, kata Nizar, terkait dengan akomodasi,
kosumsi dan transportasi saat berada di tanah suci menunaikan ibadah.
“Kita akan terus melakukan peningkatan terus layanan haji dan umroh bagi
masyarakat,†ujarnya. (*)