Pengabdian Masyarakat
Unilak Latih Siswa SMKN 8 Pekanbaru Buat Game Edukasi Gunakan Construct 3

Mhd. Arief Hasan, M.Kom, Dosen Teknik Informatika Universitas Lancang Kuning bersama siswa SMK Negeri 8 Pekanbaru.
SIGAPNEWS.CO.ID | PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning (Unilak) melalui kegiatan pengabdian masyarakat mengadakan pelatihan pembuatan game edukasi kepada 10 siswa SMK Negeri 8 Pekanbaru.
Pelatihan berlangsung pada tanggal 19 Januari 2023, Pukul 09.00 wib-selesai di Laboratorium Komputer (Labor A) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning.
Kegiatan ini bertujuan untuk membantu program Pemerintah dalam melakukan penguatan pada softskill, hardskill, dan karakter siswa SMK.
Hadir dalam kegiatan ini yang dibuka langsung oleh Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Nurliana Nasution, S.T, M.Kom. Dalam paparan pembukaannya, Dr. Nurliana Nasution, ST, M.Kom menyampaikan bahwa salah satu indikator yang ingin dicapai adalah dengan memberikan penguasaan pembuatan game kepada siswa yang mempunyai Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak di SMK N 8.
Bertindak sebagai tim pelatih dari kegiatan ini adalah Mhd. Arief Hasan, M.Kom, Dosen Teknik Informatika Universitas Lancang Kuning. Ia menjelaskan kepada peserta bahwa seorang pencipta game (Game Developer) harus memahami konsep dasar dari pembuatan sebuah aplikasi game, mulai dari merancang dan mengcoding game, memahami areal kerja pembuatan game, alur skenario game, pembuatan audio dan video yang tepat, konsep desain grafis yang digunakan serta seni visualnya.
Game Construct 3 merupakan aplikasi pembuat games 2D yang mudah digunakan dan dapat digunakan untuk membuat game yang bisa dijalankan dalam berbagai platform sistem operasi. Peserta kegiatan dapat membuat game berdasarkan tema genre nya, diantaranya Puzze, RPG, Tembak-Tembakan, Racing, dan Story game. Kegiatan pelatihan dilakukan melalui workshop yang terdiri dari beberapa bagian, di antaranya panduan dasar instalasi Game Construct 3, menyisipkan objek, menambahkan layer, menambahkan behaviour, menambahkan events, dan membuat HUD Display.
Setelah kegiatan ini dilaksanakan, indikator pemahaman mitra meningkat menjadi 90 persen. Peserta kegiatan diberikan sertifikat sebagai penghargaan atas keberhasilan mereka dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini.
Editor :Tim Sigapnews