PLN Amankan Listrik Warga Pekanbaru Terdampak Banjir

GM PLN UID Riau dan Kepri, Tonny Bellamy, turun langsung ke lokasi terdampak bencana banjir.Foto mediacenterriau.
Pekanbaru - Curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Pekanbaru dalam beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di sejumlah wilayah.
Untuk mengantisipasi risiko keselamatan dan memastikan keandalan sistem kelistrikan, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) mengamankan pasokan listrik bagi 675 pelanggan serta 15 gardu distribusi yang terdampak di Rumbai, Pekanbaru.
General Manager PLN UID Riau dan Kepri, Tonny Bellamy, menegaskan bahwa keselamatan pelanggan menjadi prioritas utama. Ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem dan bahaya korsleting listrik akibat banjir.
“Kami terus melakukan pemantauan dan penyesuaian sistem kelistrikan di daerah terdampak. Untuk keamanan masyarakat, kami telah melakukan pemadaman sementara di beberapa titik dengan genangan tinggi. Namun, kami memastikan pasokan listrik tetap tersedia di tempat-tempat vital seperti posko pengungsian dan fasilitas umum,” ujar Tonny pada Sabtu (8/5).
Selain menjaga pasokan listrik, PLN juga menyalurkan bantuan melalui program PLN Peduli bagi warga terdampak. Bantuan tersebut berupa paket sembako, air mineral, perlengkapan mandi, obat-obatan, dan kebutuhan mendesak lainnya.
“Selain memastikan suplai listrik aman, kami juga menyalurkan bantuan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Tim teknis kami siaga melakukan perbaikan jika diperlukan agar akses listrik dapat kembali normal setelah banjir surut,” tambahnya.
PLN tetap siaga 24 jam untuk menghadapi kemungkinan banjir susulan dengan terus memantau perkembangan di lapangan.
“Tantangan terbesar adalah memastikan keamanan instalasi listrik dalam kondisi sulit. Kami harus berhati-hati dalam menghidupkan kembali jaringan listrik agar tidak membahayakan masyarakat. Selain itu, akses ke beberapa lokasi terendam banjir cukup sulit, sehingga membutuhkan koordinasi lebih lanjut dengan pihak terkait,” ungkap Tonny.
PLN mengimbau masyarakat agar segera melaporkan gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123.
“Jangan ragu untuk melaporkan gangguan atau kondisi berbahaya kepada PLN melalui aplikasi PLN Mobile dan Contact Center 123 agar segera ditangani. Kami juga mengapresiasi sinergi antara pemerintah, BPBD, dan berbagai pihak dalam mempercepat pemulihan pasca-banjir,” tutup Tonny.
Editor :Tim Sigapnews