| | | | | | | | |
| | | | | | | |
 
Didukung oleh Kemenristekdikti

Mahasiswa PKM Kedokteran UR Pelopori Program 'GUA'


red | Pendidikan
Senin, 16/07/2018 - 15:45:19 WIB
Sigapnews.co.id | Pekanbaru - Hidup sehat seperti yang didefinisikan oleh badan kesehatan perserikatan bangsa-bangsa (PBB) World Health Organization (WHO) adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan kesehatan jiwa adalah keadaan yang memungkinkan perkembangan fisik, mental, intelektual, emosional, dan sosial yang optimal dari seseorang. 

Program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah dengan mendirikan Usaha Kesehatan Sekolah disingkat UKS.

Dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 1992 pasal 45 tentang Kesehatan ditegaskan bahwa "Kesehatan Sekolah" diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas.

Para mahasiswa PKM Kedokteran UR melakukan program GUA dan menerahkan cindera mata kepada kepala sekolah  MTs AL-Fajar Pekanbaru

Dalam rangka mendukung program usaha pemerintah bidang kesehatan, mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Riau membuat program 'GUA' (Gerakan  UKS Aktif) melalui Kreativitas Mahasiswa untuk Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang didukung penuh oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

Adapun program GUA ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. Program ini bertujuan untuk membentuk kader-kader UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) melalui penyuluhan dan pelatihan guna untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan peserta didik serta terciptanya perilaku hidup bersih dan sehat.

Para mahasiswa PKM Kedokteran UR saat melakukan program GUA kepada siswa sekolah  MTs AL-Fajar Pekanbaru

Program GUA juga membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat pada peserta didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integrative). Untuk optimalisasi program UKS perlu ditingkatkan peran serta peserta didik sebagai subjek dan bukan hanya objek.

Keunggulan dari GUA, mengintegrasikan program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dengan Program PTM (Penyakit Tidak Menular) selaras dengan program kementrian kesehatan (Kemenkes) untuk pencegahan lebih dini terhadap kasus-kasus Penyakit Tidak Menular seperti Hipertensi, diabetes Mellitus, Penyakit jantung, dan lain-lain. Sasaran dari program GUA dimulai sejak usia dini 15 tahun s/d usia lansia. 

PTM secara global telah mendapat perhatian serius dengan masuknya PTM sebagai salah satu target dalam Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 khususnya pada Goal 3: Ensure healthy lives and well-being. SDGs 2030 telah disepakati secara formal oleh 193 pemimpin negara pada UN Summit yang diselenggarakan di New York pada 25-27 September 2015. Hal ini didasari pada fakta yang terjadi di banyak negara bahwa meningkatnya usia harapan hidup dan perubahan gaya hidup juga diiringi dengan meningkatnya prevalensi obesitas, kanker, penyakit jantung, diabetes dan penyakit kronis lainnya. 

Para mahasiswa PKM Kedokteran UR saat melakukan program GUA kepada siswa sekolah  MTs AL-Fajar Pekanbaru.

Penanganan PTM memerlukan waktu yang lama dan teknologi yang mahal, dengan demikian PTM memerlukan biaya yang tinggi dalam pencegahan dan penanggulangannya.  Publikasi World Economic Forum April 2015 menunjukkan bahwa potensi kerugian akibat penyakit tidak menular di Indonesia pada periode 2012-2030 diprediksi mencapai US$ 4,47 triliun, atau 5,1 kali GDP 2012. Masuknya PTM ke dalam SDGs 2030 mengisyaratkan PTM harus menjadi prioritas nasional yang memerlukan penanganan secara lintas sektor.  

Program GUA yang dipelopori oleh mahasiswa kedokteran UR ini dilaksanakan  di MTs AL-Fajar Pekanbaru. Pelaksanaan program ini dilakukan oleh 5(lima) mahasiswa Fakultas Kedokteran UR yaitu SaviraFadilla  selaku Ketua PKM/Diklat, ViniJum'atur Rahmah, Chichi PerindraElza, Dina Azizah sebagai Anggota 3/SieHumasdanKoordinatorLapangan, Maimunah Firdaus dan bekerjasama dengan Puskesmas (Pusat kesehatan masyarakat, Kecamatan Payung Sekaki, kota Pekanbaru.

Para mahasiswa PKM Kedokteran UR saat melakukan program GUA kepada siswa sekolah  MTs AL-Fajar Pekanbaru.

Kepala Puskesmas (Kapus)  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Payung Sekaki, dr.Wahrida Walie mengaperesiasi kegiatan GUA. Menurut  dr.Wahrida Walie, fenomena yang terjadi sekarang ini, penyakit tidak menular sudah ditemukan pada usia remaja karena sering mengkonsumsi makan tinggi kalori, tinggi lemak (Fast Food), tidak pernah exercise (Olah raga), stress tinggi, istirahat kurang. "Dengan diketahui lebih dini, kasus penyakit tidak menular akan dapat lebih dini diobati dan dicegah komplikasinya" ujar Kapus dr.Wahrida Walie.

Rangkaian kegiatan GUA diawali dengan registrasi peserta didik dan pembukaan kegiatan oleh Kepala Sekolah MTs AL-Fajar. Dilanjutkan dengan pengenalan UKS dan penyuluhan oleh ketua dan anggota tim PKM tentang pola makan sehat dengan gizi seimbang,P3K,kesehatan reproduksi remaja,bahaya merokok dan NAPZA. 

Selanjutnya, acara pelatihan oleh anggota tim PKM tentang P3K. Pengukuran berat badan dan tinggi badan, pengujian sampel makanan yang mengandung zat adiktif atau berbahaya. Sebelum penyuluhan dan pelatihan, terlebih dahulu diadakann pre-test untuk peserta didik. 

Rangkaian kegiatan berupa roleplay yang diperankan oleh para kader UKS MTs AL-Fajar tentang penyuluhan antar sesama kader, pelatihan P3K, pengukuran BB dan TB. Selanjutnya, penjelasan mengenai KMS (Kartu Menuju Sehat) beserta cara pengisisannya oleh anggota tim PKM, penyusunan program UKS MTs-AL-Fajar beserta penunjukan struktur organisasi yang dipandu oleh tim PKM dan pembina UKS. Selanjutnya, diadakanpost-test untuk peserta didik dan pembagian hadiah kepada kader yang mendapatkan nilai tertinggi saat pre-test dan post-test,serta kader laki-laki dan perempuan terbaik selama kegiatan berlangsung. 
  
Kegiatan ini ditutup oleh kepala sekolah MTs AL-Fajar dan ketua tim PKM sekaligus pemberian cinderamata oleh Tim PKM kepada kepala sekolah MTs AL-Fajar Pekanbaru.

Seluruh rangkaian acara diikuti dengan antusias dan interaktif oleh peserta didik yang hadir. Semoga dengan diselenggarakannya program kreativitas mahasiswa yang berjudul GUA(Gerakan UKS Aktif) ini dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik yang telah menjadi kader UKS dan masyarakat lingkungan sekolah dengan harapan program ini dapat menghasilkan kader-kader UKS di MTs AL-Fajar yang berpikir aktif dalam rangka mengaktifkan kegiatan UKS kembali dan memantapkan pelaksanaan program UKS ke depannya.





Berita Lainnya :
 
  • Mobil Pustaka Keliling Meriahkan Pacu Jalur Mini
  • Ketua MPR RI Zulkifli Hasan : "Capres Boleh Beda, Merah Putih Kita Sama "
  • Gubernur Maluku Melepas Siswa Mengenal Program Nusantara ke Riau
  • Kejari Rohul Raih Penghargaan Terbaik III Dalam Penangkapan Perkara Pidum
  • Walikota Padang Beberkan Capaian Pembangunan
  • DPMPTSP Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Nasional Terbaik dari BKPM RI
  • Pimpin Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Padang ke-349
  • Tahun 2018, Kota Pekanbaru Panen Prestasi
  • H.Sukiman Memimpin Upacara Pengukuhan Anggota Paskibraka
  •  
     
     
     
     
     
     
    Polri dan Mitra Litas Daerah  
    -Mitra Polri   Provinsi Riau Utama
    -Polda Riau -Polresta Pekanbaru -Polres Inhil -Kota Pekanbaru -Kab. Inhil -Nasional -Pendidikan
      -Polres Dumai -Polres Rohul -Kota Dumai -Kab. Rohul -Politik -Hiburan
      -Polres Kampar -Polres Rohil -Kab. Kampar -Kab. Rohil -Ekonomi -Pertanian
      -Polres Bengkalis -Polres Kuansing -Kab. Bengkalis -Kab. Kuansing -Hukrim -Advertorial
      -Polres Pelalawan -Polres Siak -Kab. Pelalawan -Kab. Siak -Sosial -Lensa Foto
      -Polres Inhu -Polres Meranti -Kab. Inhu -Kab. Meranti -Budaya -Foto
    About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
    Copyright © 2015-2017 PT. MEDIA SIGAP INDONESIA, All Rights Reserved