| | | | | | | | |
| | | | | | | |
 
Tol Pekanbaru-Dumai

Gubri: Peresmian Tol Pekanbaru-Dumai Undangan Terbatas, Harap Disiarkan Live


Sigapnews.co.id | Riau
Kamis, 24/09/2020 - 16:44:53 WIB
Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 sepanjang 9,5 kilometer sudah mulai dioperasikan, Senin (18/5/2020).(Foto: Sigapnews.co.id/Ist).
TERKAIT:
SIGAPNEWS.CO.ID, PEKANBARU - Peresmian Tol Pekanbaru - Dumai, Jumat (24/9/2020) akan dipusatkan di gerbang pintu tol Dumai.

Namun di tengah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terus melonjak, pelaksanaan peresmian akan digelar secara terbatas.

"Acaranya dipusatkan di dumai, di gerbang tol Dumai, nanti kami dan Pak Menteri PUPR bersama Forkopimda akan mengikuti secara virtual di Dumai," kata Gubri Syamsuar, Kamis (24/9/2020).

"Undanganya terbatas, hanya dihadiri 50 orang saja, Undanganya ada dari Pekanbaru dan Dumai. Jadi undangannya memang terbatas dan kita tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Melihat tingginya antuasis masyarakat yang ingin melihat proses peresmian tol ini, sementara tidak semua bisa hadir di lokasi acara, Gubri Syamsuar meminta kepada Dinas Kominfo agar menyiarkan secara langsung peresmian tol tersebut.

Sehingga bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Riau secara online. Baik melalui kanal youtube, Facebook maupun instagram.

"Mudah-mudahan besok bisa live, saya sudah minta kepada Dinas Infokom, agar kegiatan ini bisa disiarkan secara langsung supaya masyarakat Riau bisa menyaksikan dari rumah atau kantornya masing-masing," katanya.

Jadi Sejarah

Syamsuar mengungkapkan, peresmian tol Pekanbaru - Dumai akan menjadi sejarah bagi peresmian tol di Indonesia. Sebab peresmian tol sepanjang 131 kilometer ini mencatat sejarah karena pertama kalinya peresmian tol dilakukan secara virtual.

"Ini untuk pertama kalinya, peresmian tol dilaksanakan secara virtual, sehingga kami diberitahu oleh protokoler presiden diharapkan kami untuk mempersiapkan segara sesuatunya agar pelaksanaan peresmian secara virtual yang pertama kalinya digelar ini berjalan sukses," kata Gubri Syamsuar usai menggelar rapat persiapan peresmian tol Pekanbaru - Dumai dengan Sekretariat Kepresidenan secara virtual di Kediaman Dinas Gubernur Riau, Kamis (24/9/2020).

Syamsuar menegaskan, peresmian tol Pekanbaru - Dumai yang dilakukan secara virtual ini akan menjadi percontohan bagi tol lainya yang juga akan diresmikan secara virtual oleh Presiden RI.

"Masih ada tujuh ruas jalan tol lagi yang akan diresmikan secara virtual oleh pak presiden. Artinya Riau akan dijadikan sebagai role model untuk peresmian jalan tol secara virtual, dan akan menyusul untuk daerah-daerah yang lain," katanya.

Karena baru pertama kali digelar secara virtual, maka Gubri Syamsuar sudah mengundang sejumlah pihak terkait untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Sehingga saat peresmian nanti tidak ada kendala.

"Tadi kami sudah kumpulkan pihak PLN dan pihak Telkom dan kami sudah tekankan agar jangan sampai besok kegiatan ini ada kendala. Jangan sampai mati listrik atau jaringan internet terganggu. Karena besok itu yang membawakan acara itu langsung dari istana presiden. Kita di Riau hanya mengikuti saja apa yang disampaikan oleh pak presiden," katanya.

Seperti diketahui, setelah sempat beberapa kali molor, Tol Pekanbaru - Dumai akhirnya diresmikan Presiden RI, Joko Widodo, Jumat (25/9/2020) besok. Kepastian jadwal peresmian tol Pekanbaru -Dumai ini disampaikan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar usai menggelar rapat secera virtual dengan sekretariat kepresidenan, Kamis (24/9/2020).

"Iya, tadi kami baru saja selesai mengikuti rapat virtual dengan protokol presiden dalam rangka peresmian tol Pekanbaru - Dumai. Insyaallah besok akan diresmikan oleh pak Presiden jam 2 siang ," kata Gubri Syamsuar di kediaman dinasnya, Jalan Diponegoro Pekanbaru, kamis (24/9/2020).

Gubri Syamsuar mengungkapkan, peresmian tol Pekanbaru - Dumai akan dilaksanakan secara virtual oleh presiden RI Jokowi. Sehingga Presiden dipastikan tidak akan berkunjung ke Riau. Namun peresmian dilakukan secara virtual dari Jakarta.

"Peresmiannya dilakukan secara virtual, nanti pak presiden meresmikanya dari Jakarta," ujarnya.

Karena peresmian dilakukan secara virtual, presiden hanya mengutus Menteri PUPR untuk turun langsung ke Riau.

"Pak Menteri PU yang akan turun ke Riau, Insyaallah sore ini tiba di Pekanbaru," katanya.

Gubri Sudah Meninjau

Awal Juli lalu, Gubernur Riau Syamsuar, bersama Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah sempat melakukan peninjauan pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai.

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka untuk memastikan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang sudah mencapai diatas 90 persen.

Seperti diketahui, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer ditargetkan akan dioperasikan pada pertengahan Juli 2020 ini.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Cabang Operasional Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Indrayana akhir pekan lalu.

Rencana pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai hanya tinggal menunggu hasil Uji Laik Fungsi (ULF) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kita masih menunggu hasil ULF sambil melakukan penyempurkan di Kilometer 78, seksi IV. Target kita pertengahan Juli sudah bisa dioperasikan," kata Indrayana.

Indrayana mengungkapkan, proses uji laik fungsi sudah dilakukan oleh tim dari Kementrian PUPR dua pekan lalu.

Namun karena masih ada catatan di seksi IV untuk dilakukan penyempurnaan pihaknya masih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

"Ada yang masih belum diaspal, dan dibeberapa titik ada rambu yang belum dipasang, tapi tinggal itu aja yang belum lagi, kalau yang sudah selesai semua. Kebetulan waktu tim ULF turun itu memang belum selesai.

Makanya itu jadi catatan untuk segera disempurnakan, sekarang sedang digesa penyempurnaan," ujarnya.

Sementara saat disinggung apakah nanti setelah dioperasikan langsung ditetapkan tarifnya dan langsung berbayar, Indrayana memprediksi untuk awal pembukaan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan digratiskan.

Namun berapa lama waktunya, pihaknya masih menunggu arahan dari Kementrian PUPR.

"Kalau perkiraan saya untuk awal operasional itu digratiskan," katanya.

Seperti diketahui, Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai merupakan sinergi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dan PT HAKAASTON (HKA) selaku penyedia aspal.

"Operasional jalan tol ini nantinya akan menyingkat waktu tempuh antara Kota Pekanbaru dan Dumai dari yang semula 6-7 jam menjadi 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam,” kata Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan PPT Hutama Karya Muhammad Fauzan.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dilengkapi dengan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai.

10 TIP ini terbagi menjadi 2 tipe yakni Tipe A yang terletak di Seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) KM 14,5 dan Seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) KM 45,075.

Sedangkan TIP Tipe B terletak di Seksi 4 (Kandis Utara – Duri Selatan) KM 64,925.

Seksi 5 (Duri Selatan – Duri Utara) KM 82,3 dan Seksi 6 (Duri Utara – Dumai) KM 13,850.

Hingga saat ini, progres pembangunan TIP masih dalam tahap pembebasan lahan dan land clearing.

Keseluruhan TIP ini ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional setelah tol permai mulai dioperasionalkan.

Selain itu, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memiliki hadir enam terowongan perlintasan gajah didalamnya yang terletak di Seksi 2 tepatnya di Sungai Tekuana dan Seksi 4 di dekat Suaka Margasatwa Balai Raja.

“Terowongan perlintasan gajah ini adalah yang pertama di Indonesia. Hutama Karya memastikan bahwa pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai tak merusak lingkungan dan ekosistem serta tidak mengganggu habitat asli gajah liar di sekitarnya,” katanya.(*)

Liputan: Brian 
Editor : Robinsar Siburian.





Berita Lainnya :
 
  • Pjs Bupati Rohul Hadiri Kegiatan Pemekalan Bagi Penyuluh Agama Islam Non PNS
  • Rohul : Kasus Baru Terkonfirmasi 13 Orang
  • Rohul : Kasus Baru Terkonfirmasi Nol : Pasien Sembuh 10 Orang
  • Update Corona Rohul : Pasien Sembuh Bertambah 3 Orang
  • Rohul, Kasus Terkonfirmasi Covid 19 Bertambah
  • Pjs Bupati Rohul , Masa Covid-19 Zakat Dibagikan Pada Penghasilan Menengah Dan Pengangguran
  • Kurva Kasus Covid - 19 Meningkat
  • AwaK Media Bagikan Masker Di Persimpangan Lampu Merah Pasir Pangaraian
  •  
     
     
     
     
     
     
    Polri dan Mitra Litas Daerah  
    -Mitra Polri   Provinsi Riau Utama
    -Polda Riau -Polresta Pekanbaru -Polres Inhil -Kota Pekanbaru -Kab. Inhil -Nasional -Pendidikan
      -Polres Dumai -Polres Rohul -Kota Dumai -Kab. Rohul -Politik -Hiburan
      -Polres Kampar -Polres Rohil -Kab. Kampar -Kab. Rohil -Ekonomi -Pertanian
      -Polres Bengkalis -Polres Kuansing -Kab. Bengkalis -Kab. Kuansing -Hukrim -Advertorial
      -Polres Pelalawan -Polres Siak -Kab. Pelalawan -Kab. Siak -Sosial -Lensa Foto
      -Polres Inhu -Polres Meranti -Kab. Inhu -Kab. Meranti -Budaya -Foto
    About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
    Copyright © 2015-2017 PT. MEDIA SIGAP INDONESIA, All Rights Reserved