| | | | | | | | |
| | | | | | | |
 
Dibuka Menteri Agama

LDII Riau Dirikan Empat Studio Ikuti Rapimnas Tahun 2020 Secara Daring


sigapnews.co.id | Ormas
Kamis, 20/08/2020 - 09:47:35 WIB
SIGAPNEWS.CO.ID, PEKANBARU - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) provinsi mendirikan empat studio dalam mengikuti  Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 19 hingga 20 Agutus 2020.

Empat Studio tersebut diantaranya, studio I DPW LDII Riau yang tergabung empat DPD, yaitu; DPD kota Pekanbaru, DPD Kuansing, DPD Siak Meranti, DPD Kepluan Meranti.

Studio II tergabung DPD Rohul,DPD Kampar. Studio III terdiri dari DPD Dumai, DPD Rohil, DPD Bengkalis, terakhir Studio IV dari DPD Inhu, dan DPD Inhil.

Ketua DPW LDII Riau, Prof (Cnd). DR, Imam Suprayogi, MT memaparkan kepada beberapa media bahwa seluruh DPD Kabupaten dan Kota LDII Se-Riau siap menyukseskan rapimnas yang digelar selama 2 hari berturut-turut dengan dibagi empat studio.

"Alhamdulillah, empat studio berjalan lancar dan seluruh pengurus DPW serta DPD LDII Se-Riau  berjalan lancar secara virtual," ujar DR. Imam didampingi sekretaris Ir Budi Mulyono dan ketua Dewan Penasehat Daerah, KH. Nazirwan, Rabu (19/8/2020).

Rapimnas tahun ini digelar secara jaringan (daring) atau virtual dengan agenda tunggal memilih pejabat (pj) ketua umum yang sedang kosong setelah Prof. Dr. Ir. KH. Abdullah Syam meninggal dunia pada bulan Juli lalu.

Pejabat ketua umum nantinya akan diberi amanah untuk melanjutkan program kerja DPP LDII dan menggelar musyawarah nasional (Munas) LDII pada akhir tahun 2021 mendatang.

DR. Imam menambahkan, Rapimnas 2020 digelar hanya mengagendakan pemilihan pejabat ketua umum, bukan untuk memilih pelaksana tugas (Plt).

Alasan pemilihan pejabat ketua umum dikarenakan nantinya akan ada berbagai keputusan yang harus dieksekusi diantaranya ada dalam waktu dekat DPW mengadakan Muswil dan berjalannya roda organisasi.

"Rapimnas digelar saat ini menunjuk pejabat. Nantinya pejabat ketua umum diberikan kewenangan seluas-luasnya, eksternal maupun internal, kemudian termasuk melaksanakan amanah hingga terlaksananya Munas ke IX nanti," tambah DR. Imam.

Sekretaris DPW LDII Riau, Ir. Budi Mulyono mengatakan seluruh peserta rapimnas LDII tahun 2020 termasuk dari Riau, dalam mengikuti Rapimnas di empat studio tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Masing-masing studio diikuti 15 orang peserta terdiri dari ketua DPD, pengurus,Dewan Penasehat Daerah, serta pengurus pondok pesantren dan sekolah binaan DPW LDII Riau.

"Semua peserta harus memakai masker. Kita siapkan hand sanitizer  dan duduknya berjarak gunakan mencegah Covid 19," cakap Ir.Budi Mulyono.

Terkait penyelenggaraan Rapimnas tersebut, DPP LDII telah beraudiensi dengan Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Rombongan DPP LDII disambut langsung oleh Fachrul Razi didampingi Sekretaris Menag, Khoirul Huda Basyir; Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Kamaruddin Amin; dan Sekretaris Dirjen Bimas Islam, Tarmizi Tohor.

Ketua DPP LDII, H. Chriswanto Santoso dalam pertemuan tersebut memaparkan kesiapan Rapimnas yang sangat strategis bagi LDII.

Menurutnya, Rapimnas LDII dihadiri kurang lebih akan dihadiri 34 DPW Provinsi dan 456 DPD kabupaten kota dengan total peserta 3000 orang.

“Keberlanjutan program LDII dalam membantu pemerintah dan kemajuan umat Islam, menjadi perhatian LDII dalam Rapimnas,” ujar Chriswanto.

Menurut Chriswanto, pada tahun depan, DPP LDII akan mempersiapkan Munas.

Di samping itu, pejabat ketua umum yang akan terpilih mendapat kewenangan untuk bertindak atas nama organisasi secara penuh.

Pada momen ini banyak muswil di daerah-daerah yang membutuhkan tanda tangan pejabat ketua umum yang legal. Kami sebelumnya mengundang Kementerian Kesehatan dalam webinar Ponpes Sehat. Dari webinar itu, kami dipandu soal protokol kesehatan untuk melaksakan rapimnas,” ujarnya.

Rapimnas ini akan dilaksanakan secara daring sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Kepada Fachrul Razi, Chriswanto Santoso memberitahu jika tema rapimnas kali ini “Kontribusi Berkelanjutan LDII untuk Indonesia Bangkit dan Maju”.

Tema ini sebagai tindak lanjut hasil dari Rakernas LDII tahun 2018 yang menghasilkan program kerja delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa.

Bidang itu adalah kebangsaan; pendidikan umum; pendidikan agama; teknologi dan kecerdasan buatan; kesehatan; ekonomi syariah; pertanian dan lingkungan hidup; serta energi terbarukan,” jelasnya.

Dalam pendidikan agama, dakwah LDII tak hanya kepada masyarakat umumnya, namun juga menyentuh masyarakat marjinal seperti dakwah di penjara Nusakambangan, Nunukan, Porong dan Enrekang.

Selain itu juga diberikan kepada masyarakat lain di daerah perbatasan, masyarakat penyandang kusta, dan pengajian tuna rungu.

"Di bidang pendidikan umum LDII membangun platform pondok karakter. Kami menekankan pembangunan moral,” ujarnya

Menanggapi dakwah yang telah dilakukan oleh LDII, Menteri Agama RI, Fachrul Razi memberi tanggapan positif karena membina umat memang menjadi kewajiban bersama.

“Maju mundurnya Indonesia pun sangat ditentukan oleh umat Islam karena merupakan umat terbesar di Indonesia,” ujar Fachrul Razi.

Untuk itu, moderasi dalam kehidupan beragama sangat diperlukan agar tercipta Indonesia yang kondusif dan maju.

“Moderasi beragama sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah. Kami mengajak kawan-kawan agar moderat, bukan dalam agamanya. Namun cara berhubungan dengan teman-teman yang berbeda agama, atau agama yang sama namun pandangannya berbeda. Saya dengan senang hati akan membuka Rapimnas LDII,” katanya.

Fachrul Razi juga meminta LDII untuk berpartisipasi dalam program pemerintah untuk meningkatkan jembatan kesetiakawanan antar-masyarakat.

Contohnya, ia ingin meningkatkan kerukunan umat beragama dan pendidikan di Papua yang masyarakatnya rata-rata hanya sebatas tamatan SD sampai SMP.

“Kami juga akan memberikan pembekalan kepada para penceramah agama khususnya di Papua. Namun karena pandemi Covid-19, rencana kami tertunda. Yang terpenting ceramahnya itu mengutamakan ke-Indonesia-an. Saya senang jika LDII menjadi bagian dari program ini,” ujar Fachrul Razi. 





Berita Lainnya :
 
  • BMKG! Perairan Sumbar Hari Ini, Pukul 07.00 - 19.00 WIB Gelombang Tinggi
  • Sebelum Febri Berhenti, Sudah Puluhan Pegawai KPK Mundur
  • Hasil Swab Sekda Bener Meriah dan Istri Terkonfirmasi Positif Covid-19
  • Jalan Tol Pekanbaru - Dumai Hari Ini Sudah Dibuka Untuk Umum Dengan Tarif Gratis
  • Agen Kapal Batam Menjerit, Penumpang Pelabuhan Domestik Sekupang Menurun
  • Andre Korban Begal Jerambah Bolong Jambi di Tikam Sebelas Kali, Tubuh Disabet Samurai
  • H. Bakri Ketua Koalisi Haris-Sani Pilgub Jambi, Jika Semua Bergerak, Selesai Sudah
  • Polisi Selidiki Pemilik Senjata Api Penembak Mati Bandar Sabu di Medan
  • Jembatan Medan Amplas Ambruk Dilintasi Truk Bermuatan Besar
  •  
     
     
     
     
     
     
    Polri dan Mitra Litas Daerah  
    -Mitra Polri   Provinsi Riau Utama
    -Polda Riau -Polresta Pekanbaru -Polres Inhil -Kota Pekanbaru -Kab. Inhil -Nasional -Pendidikan
      -Polres Dumai -Polres Rohul -Kota Dumai -Kab. Rohul -Politik -Hiburan
      -Polres Kampar -Polres Rohil -Kab. Kampar -Kab. Rohil -Ekonomi -Pertanian
      -Polres Bengkalis -Polres Kuansing -Kab. Bengkalis -Kab. Kuansing -Hukrim -Advertorial
      -Polres Pelalawan -Polres Siak -Kab. Pelalawan -Kab. Siak -Sosial -Lensa Foto
      -Polres Inhu -Polres Meranti -Kab. Inhu -Kab. Meranti -Budaya -Foto
    About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
    Copyright © 2015-2017 PT. MEDIA SIGAP INDONESIA, All Rights Reserved