| | | | | | | | |
| | | | | | | |
 

2018 Pemkab Pelalawan Bergelimang Prestasi


Yarisman | Pelalawan
Rabu, 05/12/2018 - 17:35:02 WIB
Pertumbuhan ekonomi yang melambat dan terus turun di bawah 3 persen telah menjadi mimpi buruk bagi pembangunan di negeri kaya ini. Investasi yang minim, pergerakan ekonomi yang lamban, penyerapan tenaga kerja yang kurang, telah membuat Negeri Lancang Kuning berada di ambang ragu dan gagu. Apalagi komoditi andalan; minyak dan gas yang semakin menipis, semakin tegas membuat performa ekonomi Riau yang buruk.

Namun, Pemkab Pelalawan yang dijuluki Negeri Seiya Sekata ini menunjukan komitmen yang luar biasa untuk membangun masyarakat dan Negerinya. beberapa prestasi yang diperoleh pada tahun 2018 diantaranya: 

Penghargaan KLA 2018 Kategori Pratama "Wujud Komitmen Pemkab Pelalawan Menuju Kabupaten Layak Anak"

Hanya butuh 5 bulan saja sejak dilaunchingnya Pelalawan menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) pada Senin (19/2/2018) silam. Setelah 5 bulan saja tepatnya Senin (23/7/2018) lalu Pelalawan mendapat penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2018 Kategori Pratama.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Susana Yembise menyerahkan secara langsung 
kepada Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2018 Kategori Pratama yang diraih Kabupaten Pelalawan pada Anugerah Kota Layak Anak 2018 yang digelar di Kota Surabaya, Senin (23/7/2018) malam bertepatan dengan puncak peringatan Hari Anak Nasional.

Terkait raihan penghargaan ini, Ir. M. Syahrul Syarif, M.Si Ketua Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Pelalawan yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Pelalawan menyampaikan penghargaan yang diraih merupakan wujud dari keberhasilan Kabupaten Pelalawan membangun komitmen bersama, dan secara bersama pula mewujudkan komitmen dimaksud ke dalam tindakan nyata melindungi hak anak di Kabupaten Pelalawan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, berdiri

" Upaya-upaya yang kita lakukan ini, tentu masih perlu ditingkatkan dan disempurnakan sehingga pada tahun 2019 kita bisa mendapatkan penghargaan kembali pada kategori yang lebih tinggi. Saya selaku Ketua Tim Gugus Tugas KLA Pelalawan atas nama Pemda Pelalawan mengucapkan terima kasih atas peran semua, baik perangkat daerah, instansi/lembaga vertikal, dunia usaha, masyarakat dan lembaga masyarakat, rekan - rekan pers dan semua pihak sehingga penghargaan ini bisa kita raih, " ujarnya.

Dilanjutkannya, penghargaan ini merupakan langkah awal untuk kita terus menerus melakukan upaya-upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak di Kabupaten Pelalawan.

Andalkan Program Pelalawan Inovatif, Bupati Harris Terima INAGARA Award 2018

Upaya dan komitmen tinggi Pemkab Pelalawan dalam pengelolaan dan pengembangan inovasi diakui oleh Pemerintah pusat melalui Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Seperti diketahui, melalui 7 Program Strategis salah satunya yakni Pelalawan Inovatif berhasil menghantarkan Bupati Pelalawan dua periode yakni H.M.Harris di tingkat nasional dengan mendapatkan kembali penghargaan INAGARA Award Tahun 2018 yang merupakan penghargaan langsung diberikan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) kepada 25 Bupati dan Walikota se Indonesia yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan dan pengembangan inovasi administrasi negara.

Hal demikian disampaikan Bupati Pelalawan H.M.Harris melalui Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pelalawan Ir.M.Syahrul Syarif kepada  awak media, Senin (29/10).
Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang berdiri dan dalam ruangan


"Bupati Pelalawan H.M.Harris akan menerima penghargaan INAGARA Award Tahun 2018 ini yang akan di serahkan langsung oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. Prestasi ini merupakan inovasi kreatif yang telah di laksanakan oleh Bupati Pelalawan dengan 7 Program Prioritas yang mana salah satunya melalui Pelalawan Inovatif. Dimana Kabupaten Pelalawan memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan dan pengembangan inovasi di bidang administrasi negara." ujar Kaban M. Syahrul Syarif.

Bupati Pelalawan dua periode ini menerima penghargaan yang sama bersama dengan 25 Bupati dan Walikota se Indonesia. Penghargaan INAGARA Award diserahkan pada hari Selasa (30/10). Bertempat di Gedung Makarti Bhakti Nagari Lantai II LAN RI, Jl. Administrasi II Pejompongan Jakarta Pusat.

Sukses Festival Bono Surfing 2018, Pemkab Pelalawan Siapkan Wisata Bono Mendunia

Event pariwisata Nusantara Festival Bono Surfing yang berlangsung selama tiga hari, 22-24 November 2018 sukses dilaksanakan, dengan diikuti para peselancang fropesional baik dari dalam maupun dari luar negeri.
Bono Surfing adalah nama event yang diberikan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, setelah wisata alam Bono ini menjadi kalender Pariwisata Nusatara. Sebelumnya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pelalawan mempromosikannya dengan nama Bekudo Bono.

Wakil Bupati Pelalawan, H Zardewan MM menyebutkan selama ini Pemerintah Kabupaten Pelalawan sudah berupaya maksimal membangun kawasan wisata Ombak Bono, termasuk mempublikasikan ke dunia internasional.

Termasuk infrastruktur penunjang. Mulai dari pembangunan akses jalan, areal parkir, hingga fasilitas pendukung lainnya dalam tersebut. Namun begitu, membangun wisata Bono tidak cukup hanya dengan tangan Pemda saja. Keterlibatan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau serta Pemerintah Pusat melalui Kemenpar RI.


Gambar mungkin berisi: teks dan luar ruangan

"Tentu saja Pemda sangat membutuhkan dukungan dalam bentuk pembangunan di wisata Bono dari pusat dan daerah. Kalau hanya Pemda, tidak bisa maksimal," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pelalawan, Andi Yuliandri menjelaskan, rangkaian event Bono Surfing di Kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti dimulai sejak, 22 November 2018, dimulai dengan beberapa permainan rakyat yang menjadi kearifan lokal. Seperti gasing, enggrang, bakiak, permainan gala dan permainan tradisional lainnya.


Untuk pembukaan event pariwisata nasinal ini, dilaksanakan pada Jumat (23/11/2018) silam. Puncaknya, pada 24 November 2018, para peselancar fropesional baik local maupun internasional, menjejal gelombang sungai Kampar ini.

Gelombang Bono merupakan destinasi wisata alam yang telah mendunia di Kabupaten Pelalawan. Keunikan gelombang Bono mampu memperdaya peselancar dari seluruh penjuru dunia. Tidak jarang pada event tertentu di Kecamatan Teluk Meranti selain Bono Sirfing dan Bekudo Bono tentunya, selalu ramai dipadati turis domestik maupun mancanegara yang ingin menjajal kedahsyatan berselancar di gelombang Bono.

Keunikan gelombang Bono ternyata menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini membuat untuk kesekian kalinya di tahun lalu, Bupati Pelalawan HM Harris menerima penghargaan tingkat nasional atas prestasinya membangun daerah ini. Penghargaan diraih oleh orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan atas prestasinya mempopulerkan wisata Bono sebagai destinasi tempat berselancar terpopuler (Most Popular Surfing Spot).

Bupati Harris mengatakan, apresiasi disampaikan atas dukungan dan partisipasi masyarakat dan segenap pihak terkait yang sudah bekerjasama dalam menghantarkan Bono sebagai nominasi populer sehingga mendapatkan peringkat pertama sebagai tempat berselancar terpopuler.

"Prestasi ini tidak terlepas dari 7 program strategis pemerintah daerah melalui Pelalawan Eksotis yang menjadikan Bono sebagai destinasi wisata nasional selaras dengan program pemerintah pusat menuju Indonesia Emas 2045 dan Nawacita Presiden Jokowi dalam hal percepatan laju pertumbuhan ekonomi melalui bidang pariwisata sebagai penghasil devisa terbesar," katanya kala itu.

Ombak Bono masuk kawasan untuk pengembangan lokasi wisata di Kabupaten Pelalawan, oleh Bupati HM. Harris. Hal ini sejalan dengan usulan Menteri Pariwisata, Arief Yahya pernah mengusulkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Provinsi Riau.

Kementerian Pariwisata telah memberi target pada Provinsi Riau agar mendatangkan 60.000 wisatawan asing pada tahun lalu. Pemerintah Provinsi Riau mengunggulkan tiga festival selama tahun 2017 agar bisa menarik minat wisatawan bagi berkunjung ke Riau, termasuk Bono Surfing atau bekudo bono ini.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Pelalawan, Andi Yuliandri pernah menyampaikan, selain menjadi ikon wisata Provinsi Riau, Bono di Teluk Meranti juga telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Riau.

“Bukan tanpa alasan Bono menjadi KEK Pariwisata karena HPL-nya seluas 600 hektar yang terdiri dari kawasan resort, hotel, permainan, hiburan, pengembangbiakan rusa dan lain sebagainya,” kata Andi Yuliandri.

Dengan menjadi ikon wisata Riau dan KEK Pariwisata Riau, Kementerian Pariwisata RI berkomitmen untuk mempromosikan Bekudo Bono Teluk Meranti Pelalawan ke manca negara, sekaligus mencarikan investor untuk mengembangkan kawasan Bono Teluk Meranti.

"Tentunya dalam pengembangan kawasan Bono ini kita menyamakan konsep dengan pusat. Tentunya kedepannya kita berharap pengembangan kawasan Bono di Teluk Meranti terus dilakukan secara bersama-sam, baik dari Pusat, Pemrov Riau dan Pemkab Pelalawan,” harapnya.

Bupati Pelalawan Terpilih sebagai 20 Kepala Daerah Ikuti Leaderprenuership di Singapura

Bupati Pelalawan HM. Harris merupakan satu dari 20 bupati dan walikota dari Indonesia yang mengikuti program tersebut.

"Pak Bupati terpilih di dalam 20 kepala daerah se-Indonesia yang ikut program pelatihan ini," kata Syahrul Syarif yang ikut mendampingi Bupati Harris ke negara tetangga itu, Selasa (16/7/2018).

Syahrul menjelaskan, adapun topik yang diangkat dalam acara tersebut yakni The Future of Government, Innovation and Enterprise.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang berdiri dan pakaian

Pelaksanaan program ini atas kerjasama antara Lembaga Adminsitrasi Negara (LAN) Republik Indonesia dengan Civil Service College dan Temasek Foundation Singapore.

Untuk itu, lanjut Syahrul, LAN menyertakan sebanyak 20 bupati/walikota se-Indonesia yang memiliki komitmen dalam peningkatan inovasi pelayanan publik, termasuk Haris.

Pelatihan yang diikuti Bupati Harris akan menambah pengalaman dan pembelajaran bagi pemda dalam mengembangkan pemerintahan yang melayani.







Berita Lainnya :
 
  • Gubernur Sumbar : Jadikan Semangat Juang TNI dan Rakyat Pendorong Pengabdian Terhadap Bangsa dan Neg
  • Pemprov Sumbar Kembali Mendokumentasikan Pakaian Adat Perempuan Minangkabau
  • Hadapi Persaingan di Era Milenial, Pengusaha Muda Harus Siapkan Diri
  • Tempati Gedung Baru, OJK Sumbar Perlu Awasi Lembaga Keuangan Hingga ke Daerah-daerah
  • Humas Pemprov Sumbar dan PWI Sukses Selenggarakan UKW
  • Gubernur Sumbar Launching Nagari Inovasi Teknologi dan Agrowisata di Matua Mudiak
  • Pemprov Sumbar Raih Penghargaan Sebagai Pembina Kabupaten/Kota Peduli HAM
  • Bupati Mursini Kunjungi Stand Bahzar Kabupaten Kuansing
  • Bupati Resmikan Desa Geringging Baru jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan
  •  
     
     
     
     
     
     
    Polri dan Mitra Litas Daerah  
    -Mitra Polri   Provinsi Riau Utama
    -Polda Riau -Polresta Pekanbaru -Polres Inhil -Kota Pekanbaru -Kab. Inhil -Nasional -Pendidikan
      -Polres Dumai -Polres Rohul -Kota Dumai -Kab. Rohul -Politik -Hiburan
      -Polres Kampar -Polres Rohil -Kab. Kampar -Kab. Rohil -Ekonomi -Pertanian
      -Polres Bengkalis -Polres Kuansing -Kab. Bengkalis -Kab. Kuansing -Hukrim -Advertorial
      -Polres Pelalawan -Polres Siak -Kab. Pelalawan -Kab. Siak -Sosial -Lensa Foto
      -Polres Inhu -Polres Meranti -Kab. Inhu -Kab. Meranti -Budaya -Foto
    About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
    Copyright © 2015-2017 PT. MEDIA SIGAP INDONESIA, All Rights Reserved