| | | | | | | | |
| | | | | | | |
 
Wako Firdaus Terima Penghargaan

Kota Pekanbaru Sukses Gelar HUT Damkar ke 100 yang Dihadiri Mendagri


Red | Pekanbaru
Rabu, 06/03/2019 - 21:20:10 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bertindak sebagai Irup pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Damkartingkat Nasional di Stadion Kaharudin Nasution
TERKAIT:
Sigapnews.co.id | pekanbaru - Kota Pekanbaru ditunjuk sebagai tuan rumah tiga even tingkat nasional yang langsung dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Rabu (6/3/2019). 

Mewakili Presiden Republik Indonesia, Mendagri Tjahjo Kumolo juga bertindak sebagai Irup (Inspektur upacara) pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Damkar, ke-69 Satuan Polisi Pamong Praja 
(Satpol PP), dan ke-57 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tingkat Nasional di Stadion Kaharudin Nasution Pekanbaru.

Perayaan HUT tiga Institusi sekaligus ini berlangsung sukses dan menjadi kebangaan tersendiri bagi Walikota pekanbaru, DR Firdaus, MT.

Dalam amanatnya Mendagri mengatakan,"Kelembagaan pemadam kebakaran (damkar) harus berdiri sendiri sebagai sebuah dinas. Tugas dan tanggung jawab damkar dalam melayani dan melindungi masyarakat, hanya akan maksimal bila dilaksanakan oleh sebuah dinas yang mandiri di daerah.

Penyelenggaraan sub urusan kebakaran di daerah berpedoman pada Standar Pelayanan Minimal (SPM). Dalam SPM, layanan diberikan kepada setiap orang warga negara.


Menjadi salah satu indikator kinerja pemerintahan daerah. Capaian SPM pemadam kebakaran menjadi salah satu acuan penilaian kinerja kepala daerah yang disampaikan kepada pemerintah pusat dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

Penilaian kinerja terbaik dalam LPPD melalui proses perbandingan antar pemerintah daerah. 
"Dalam hal ini, saya ingin menekankan perlunya membentuk dinas pemadam kebakaran yang mandiri dan tidak bergabung dengan perangkat daerah lainnya," kata Tjahjo.

Melalui itu, menurut Tjahjo, pemadam kebakaran setara dengan penyelenggara urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar lainnya. Damkar juga dapat maksimal dalam memberikan perlindungan dan melayani seluruh masyarakat.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya instruksikan kepada seluruh kepala daerah dan para pemangku kepentingan yang terkait untuk melakukan penguatan penyelenggaraan pemadam kebakaran dan penyelenggaraan ketenteraman ketertiban umum daerah,” ujar Tjahjo.

Tjahjo mengungkap empat langkah untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama, melakukan penguatan kapasitas kelembagaan penyelenggara sub urusan kebakaran dan penyelenggara sub urusan ketenteraman dan ketertiban umum.

Pembentukan dinas Damkar yang mandiri dan tidak bergabung dengan perangkat daerah lainnya, serta penguatan Satpol PP, dan Satlinmas menjadi sebuah keniscayaan. Pembentukan sebagai dinas yang mandiri berpedoman pada hasil pemetaan urusan.

Hal ini sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 94/2016. Kedua, melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur. Secara kuantitas terpenuhi kebutuhan jumlah aparatur. Secara kualitas terjamin kompetensi aparatur melalui berbagai pendidikan dan pelatihan.

Termasuk di dalamnya jenjang karier dan kesejahteraan aparatur. Ketiga, melakukan penguatan kapasitas sarana prasarana penunjang dalam pelaksanaan tugas fungsi. Dalam hal ini terutama sarana prasarana untuk proteksi aparatur dan penyelamatan masyarakat.

 Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus. MT menerima  penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo,

Keempat, alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target SPM dengan memedomani Permendagri yang berkaitan dengan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo Juga minta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) turut mensukseskan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April mendatang.

Ketiga satuan ini diminta dapat bersinergi dengan pihak kepolisian sebagai leading sektor pelayanan dan keamanan bersama TNI. 

"Damkar, Satpol PP, dan Linmas harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk Pemilu mereka harus melekat membantu pelayanan dan pengamanan membantu pihak kepolisian dan TNI," kata Mendagri, usai menghadiri acara HUT, Damkar, Satpol PP dan Linmas di Kaharuddin Nasution Rumbai.

Meski bukan tugas pokok, persoalan pelayanan dalam mensukseskan Pemilu tetap menjadi tanggung jawab ketiga satuan Satpol PP, Damkar dan Linmas. Sesuai dengan tugas dan peran masing-masing.

Diharapkan, dengan sinergitas antara ketiga satuan bersama kepolisian dan TNI tersebut dapat memaksimalkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dari seluruh lapisan.

Menutup sambutannya, Tjahjo mengucapkan selamat HUT kepada Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas. “Terus tingkatkan kapasitas aparatur dan kelembagaan guna mewujudkan perlindungan masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan negara ini,” pungkas Tjahjo.

Peringatan HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Rabu (6/3/2019) pagi disemarakkan dengan berbagai atraksi salah satunya atraksi bela diri, yong modo, jiujitsu, kempo dan tinju yang ditampilkan personel Satpol PP Pekanbaru.

Tak hanya itu, atraksi yang paling memukau yang ditampilkan personel Satpol PP yakni memecahkan material seperti genteng, batako hingga membengkokkan kawat besi dengan leher dan mematahkan kawat baja menggunakan jari kelingking.

Berbagai atraksi personel Satpol PP Pekanbaru mendapat apresiasi salah satunya dari Kepala Satpol PP Kabupaten Mamuju Adnan Rasyid. Dia menyatakan kegiatan tingkat nasional ini cukup meriah.

“Sangat meriah peringatan HUT kali ini. Semoga korps Satpol PP, Damkar dan Satlinmas makin jaya,” harapnya.

Hadir dalam HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 ini Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, ketua DPRD Riau H. Septina, Walikota Pekanbaru Firdaus dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi.

Kemudian hadir juga kepala daerah Kabupaten/kota seprovinsi Riau, Kepala Damkar dan Satpol PP se-Indonesia, Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru, Sekdako M Noer serta pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru, (adv/humas pemko).





Berita Lainnya :
 
  • PT. EDI Buka Bersama Kaum Dhuafa, Anak Yatim Yang Tersebar Di 6 Desa Dan Kelurahan
  • Azhar : Pasokan LPG 3 kg dan BBM untuk Kuansing menghadapi Lebaran dijamin Cukup.
  • Bupati Wardan Harapkan Program Listrik Desa di Inhil Dapat Digesa
  • Terkait Dugaan Hilangnya 80 Ton Timah, Ini Kata Kabid ESDM Provinsi Riau.
  • Duga Ada Perubahan Suara, Nasdem Riau Siapkan C1 Asli Sebagai Bukti Untuk Ajukan GUGATAN Pemilu 2019
  • Inventaris Kantor Lurah Seikijang-Pelalawan Riau Disatroni Maling
  • Kasus Proyek Fiktif Cetak Sawah, Jaksa Tahan Oknum PNS dan Pensiunan Pelalawan
  • Dipersilakan Mengadu Cara Online, Pemprov Riau Sediakan Aplikasi Pengaduan e-Lapor
  • X-TAR Berbagi Di Bulan Suci Ramadhan
  •  
     
     
     
     
     
     
    Polri dan Mitra Litas Daerah  
    -Mitra Polri   Provinsi Riau Utama
    -Polda Riau -Polresta Pekanbaru -Polres Inhil -Kota Pekanbaru -Kab. Inhil -Nasional -Pendidikan
      -Polres Dumai -Polres Rohul -Kota Dumai -Kab. Rohul -Politik -Hiburan
      -Polres Kampar -Polres Rohil -Kab. Kampar -Kab. Rohil -Ekonomi -Pertanian
      -Polres Bengkalis -Polres Kuansing -Kab. Bengkalis -Kab. Kuansing -Hukrim -Advertorial
      -Polres Pelalawan -Polres Siak -Kab. Pelalawan -Kab. Siak -Sosial -Lensa Foto
      -Polres Inhu -Polres Meranti -Kab. Inhu -Kab. Meranti -Budaya -Foto
    About Us - Redaksi - Pedoman Media Siber - Info Iklan - Disclaimer - Index
    Copyright © 2015-2017 PT. MEDIA SIGAP INDONESIA, All Rights Reserved